Palu, 27 Agustus 2017 – Pembangunan industri kilang minyak di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu, dapat dipastikan akan segera terwujud. Pasalnya, PT.Palembang GMA Refinery Consortium (PGRC) yang merupakan perusahaan modal asing yang bergerak di bidang migas atau tepatnya pengolahan pengilangan minyak bumi tersebut, saat ini tengah melakukan pemaparan rencana Investasi sekaligus meninjau langsung lokasi untuk investasi pembangunan Oil Refinery dan Petrochemichal, di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu, Sabtu (26/08).

Kunjungan konsorsium tersebut dilaksanakan oleh tim beserta rombongan selama 3 hari, dimulai pada jum’at (25/08). Sebagai langkah awal, TIM PGRC bersama rombongan melakukan meetting tertutup bersama dengan Rektorat Universitas Tadulako (UNTAD) Palu serta jajarannya yang bertujuan untuk melakukan penjajakan kerja sama di bidang penyediaan SDM untuk keperluan tenaga kerja mereka nantinya.

Pada akhir kunjungannya, Tim beserta rombongan bertolak menuju Rumah Jabatan (RUJAB) Gubernur Prov.Sulawesi Tengah – Drs.Longki Djanggola, untuk melakukan pemaparan terkait rencana investasi PGRC di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu. Turut hadir pada pertemuan tersebut, Walikota Palu serta seluruh jajaran OPD Pemprov dan Pemkot terkait. Sabtu malam (26/08).

Dalam kesempatannya, Longki Djanggola berharap penuh terkait tenaga kerja lokal “dengan adanya investasi dari PT.PGRC ini, kedepannya pihak-pihak terkait tetap memperhatikan tenaga lokal dengan memberikan pelatihan-pelatihan atau bekerjasama dengan instansi pendidikan, SMK, BLK, Politeknik dan Perguruan Tinggi Lainnya”. Cemasnya.

Beliau juga menegaskan untuk keperluan dalam bidang perizinan, “Dinas terkait diantaranya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Prov.Sulawesi Tengah dan Administrator KEK Palu dapat segera mengeluarkan izin-izin yang dibutuhkan sesuai dengan peraturan yang berlaku”. Tegas Longki, sapaan akrab beliau.

Olehnya PT.PGRC menjelaskan, mereka sudah menetapkan pembagian kapasitas jumlah tenaga kerja lokal dan asing yang dibutuhkan dimana 60% tenaga kerja lokal dan 40% untuk tenaga kerja asing. Tentunya untuk pemenuhan tenaga kerja lokal nantinya, pihaknya sudah menyiapkan program pelatihan selama 2 Tahun dimana program tersebut mereka harap dapat sesuai dengan program dari pemerintah Prov. Sulawesi Tengah.

Andi Mulhanan Tombolotutu – Direktur Utama PT.BPST sebagai badan pengelola KEK Palu saat melakukan presentasi lahan, fasilitas serta kemudahan berinvestasi di KEK Palu menjelaskan bahwa saat ini mereka tengah melakukan pembicaraan dengan pemilik lahan yang rencananya akan digunakan oleh PT.PGRC tersebut. Mereka juga sudah berkoordinasi dengan pihak PT.Pelindo dan PT.Toloan, bahwa usai kunjungan PT.PGRC nantinya,mereka akan berkoordinasi kembali membahas rencana pembangunan pelabuhan tersendiri.

PT.PGRC merupakan industri pengolahan minyak swasta berskala besar dan pertama di Indonesia yang telah mendapatkan izin usaha pengolahan minyak bumi dari BKPM atas rekomendasi MIGAS, Kementerian ESDM. Dimana sumber minyak mentah tersebut antara lain akan dipasok oleh National Iranian Oil Company (NIOC) – Iran, atas rekomendasi penuh dari Kementerian Perminyakan Iran.

Perlu diketahui, PT.PGRC didirikan pada tahun 2016 untuk menjawab tantangan mengenai pemenuhan kebutuhan bahan bakar  di Indonesia, terutama bahan bakar minyak (BBM) yang terus meningkat seiring dengan terus bertambahnya jumlah penduduk di Indonesia. Sehingga Indonesia tidak perluh mengimpor BBM dari luar negeri dan menjadikan Indonesia sebagai negara yang mandiri energi tanpa harus bergantung pada negara lain (Impor). Selain itu, perusahaan ini didirikan untuk mengembangkan kilang minyak dan penyimpanan internasional untuk cadangan minyak strategis.[adm]

PT.Palembang GMA Refinery Consortium (PGRC) Siap Bangun Kilang Minyak Di KEK Palu

Satu gagasan untuk “PT.Palembang GMA Refinery Consortium (PGRC) Siap Bangun Kilang Minyak Di KEK Palu

  • 1 Oktober 2018 pukul 12:19 pm
    Permalink

    Kepada Yth,
    Perusahaan BUMN dan SWASTA
    Up : Pimpinan Perusahaan / Pengurus Bank Garansi dan surety Bond
    Prihal : Penawaran Jasa penerbitan Bank Garansi dan Surety Bond
    Contac/HP: 0823 7192 8750

    Salam..
    PT.ABEKA MANDIRI SOLUSI

    Reno Hartono ,Amd
    0823 7192 8750
    Catatan : Kami juga bisa menerbitkan untuk jaminan asuransi gedung dan SP2D

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *