Pengembangan Kawasan Ekonomi Indonesia

Perkembangan ekonomi global Indonesia perlu memfokuskan pada peningkatan Ekspor dan Investasi pada beberapa kawasan khusus yang memang mendapatkan fasilitas dan kepabeanan, Beberapa keunggulan Indonesia dapat menjadi peluang dalam menarik investasi diantaranya, letak geografis Indonesia yang sangat ideal bagi pengembangan pusat logistik dan distribusi karena dilewati oleh jalur maritim internasional dan posisi indonesia terletak di tengah pasar yang sangat besar yaitu, pasar ASEAN. Sementara itu pengembangan kawasan ekonomi di Indonesia bukanlah hal yang asing. Pasalnya pada tahun 1970 Indonesia berhasil mengembangkan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas.

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2009, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) merupakan kawasan dengan batas tertentu dalam wilayah hukum negara kesatuan Republik Indonesia yang di tetapkan untuk menyelenggarakan fungsi perekonomian dan memperoleh fasilitas tertentu.

Sebararan KEK Yang Telah Ditetapkan

Sumber : Doc. Administrator KEK Palu

Sementara itu, perbedaan utama KEK dengan kawasan ekonomi lainnya, selain kemudahan yang diberikan adalah banyaknya peran Pemerintah Daerah, baik dalam pengelolaannya maupun dalam penyediaan infrastruktur dan lahan. Hal itu menyebabkan perlunya kerjasama Pemerintah dan Swasta dalam pengelolaan KEK, mengingat dana untuk KEK ini sangat besar. Hasil studi dari beberapa negara menunjukkan, KEK yang sepenuhnya dikelola oleh swasta memperlihatkan kemajuan yang lebih besar dibandingkan yang dikelola oleh pemerintah.

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2014 pada 16 Mei 2014. Terletak di sebelah Utara berbatas Pantoloan Boya, sebelah Timur berbatas desa Wombo kecamatan Tana Ntovea, Kabupaten Donggala, Kelurahan Baiya dan Kelurahan Lambara, sebelah Selatan berbatasan dengan Kelurahan Lambara, sebelah Barat berbatasan Kelurahan Pantoloan dan Kelurahan Baiya Kecamatan Tawaeli, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah.

Gambar Mekanisme Pengusulan KEK

mekanisme pmbntknSumber : Tim Nasional Kawasan Ekonomi Khusus, 2009

Pemerintah Kota Palu mengusulkan rencana pengembangan KEK Palu ini dengan luas 1.500 ha.  Sektor bisnis yang akan dikembangkan di kawasan ini adalah Industri pertambangan, industri pengolahan kakao, karet, rotan, dan rumput laut, industri manufaktur dan alat berat, dan logistik. Pengembangan kawasan ini diperkirakan akan menciptakan investasi sebesar Rp 1,7 triliun untuk pembangunan kawasan.