Kemudahan Dan Fasilitas

Insentif berupa Pengurangan Pajak Penghasilan (PPH) yang dibagi menjadi pemberian Tax Holiday untuk Investasi di Kegiatan Utama KEK, dan Tax Allowance untuk kegiatan di luar Kegiatan Utama di KEK.

√ Untuk Kegiatan Utama, Tax Holiday-nya yaitu pengurangan PPH sebesar 20%-100% selama 10-25 tahun untuk investasi lebih dari Rp.1 Triliun. Dan untuk investasi lebih dari Rp.500 Miliar akan mendapatkan Pengurangan PPH sebesar 20%-100% selama 5-15 tahun.

√ Sementara untuk Tax Allowance kepada investor kegiatan di luar Kegiatan Utama KEK yaitu pengurangan pengasilan Netto sebesar 30% selama 6 tahun, serta penyusutan yang dipercepat.

√ Selain Tax Holiday dan Tax Allowance, insentif PPH yang diberikan untuk investor KEK adalah PPH atas dividen sebesar 10% dan Konpensasi Kerugian 5-10 tahun.

√ Insentif dibidang terkait Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPNBM). Jika investor harus melakukan impor untuk mengembangkan sumber daya di Daerah itu, maka Importasi tersebut tidak dikenakan PPN dan PPNMB.

√ Insentif berupa Fasilitas Kepabeanan dari KEK ke-Pasar Domestik yaitu tarif Bea Masuk memakai ketentuan Surat Keterangan Asal (SKA).

√ Insentif terkait Kepemilikan Properti bagi orang asing, di mana orang asing atau Badan Usaha Asing diperbolehkan memiliki hunian/properti di KEK berupa Rumah Tapak atau Satuan Rumah Susun.

√ Pemilik Hunian diberikan Izin Tinggal dengan badan uaha pengelola KEK sebagai penjamin, serta dapat diberikan pembebasan PPNBM dan PPN atas barang sangat mewah (Luxury).

√ Terkait sektor Ketenagakerjaan, dimana KEK akan dibantu Dewan Pengupahan dan Iks Trpartit Khusus. Selain itu untuk sertifikat pekerja dan sertifikat buruh disetiap perusahaan hanya diperkenankan satu forum.

√ Insentif Keimigrasian dimana diberikan fasilitas visa kunjungan saat kedatangan selam 30 hari dan dapat diperpanjang 5 (lima) kali masing-masing 30 hari, visa kunjungan (multiple visa) yang berlau 1 (satu) tahun, izin tinggal bagi orang asing yang memiliki properti di KEK serta izin tinggal bagi orang asing lanjut usia yang tinggal di KEK Pariwisata.

√ Insentif dibidang pertanahan, badan usaha swasta diberikan HGB dan perpanjangannya diberikan langsung bersamaan dengan proses pemberian haknya. Administrator dapat memberikan pelayanan pertanahan.

√ Terkait Perizinan, administrator mempunyai kewenangan menerbitkan Izin Prinsip dan Izin Usaha melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Percepatan Penerbitan Izin selambat-lambatnya 3 (tiga) jam.